Sejarah Singkat penyusunan Asean

Sejarah penyusunan Asean – Sebelum terbentuknya ASEAN pada 1967, beberapa negara di Asia Tenggara telah Menjalankan beragam upaya untuk membentuk kerja sama regional di wilayah ini, seperti ASA (Association of Southeast Asia), Maphilindo (Malaya, Philipina, Indonesia), dan SEAMEO (South East Asian Ministers of Education Organization), ataupun dengan negara di luar wilayah ini, seperti SEATO (South East Asia Treaty Organization) dan ASPAC (Asia and Pacific Council). 

Komunikasi antara negara Asia Tenggara dengan negara di luar wilayah hal yang demikian telah berkembang dalam ECAFE (Economic Commission for Asia and the Far East), Colombo Plan, dan KAA (Konferensi Asia Afrika). ECAFE disusun pada 28 Mei 1947 yang kemudian diubah menjadi ESCAP (Economic and Social Commission for Asia and the Pacific), yaitu badan khusus PBB yang banyak memberikan inspirasi bagi pertumbuhan kerja sama regional di Asia Tenggara.

ASEAN merupakan organisasi regional yang di wujud bertitik tolak dari kesadaran bangsa-bangsa Asia Tenggara akan perlunya solidaritas dan kerjasama di antara mereka, melalui kebersamaan sikap dan tindakan, di harapkan akan tercipta suatu perdamaian, kemajuan, dan kemakmuran di wilayah Asia Tenggara. ASEAN (Assosiation of Sounth East Asia Nations) didirikan dengan latar belakang sebagai berikut:

  1. Persamaan letak geografis, artinya negara anggota ASEAN Berlokasi di kaeasan Asia Tenggara
  2. Persamaan nasib dan sejarah, artinya negara anggota ASEAN sama-sama negara jajahan imperialisme Barat Selain Thailand
  3. Persamaan kepentingan,artinya sebagai negara yang sedang berkembang perlu kiranya di jalin kerja sama di bidang ekonomi,sosial dan budaya di antara negara-negara yang berada di satu wilayah.
  4. Persamaan budaya, artinya negara anggota ASEAN berasal dari rumpun yang sama yaitu rumpun Austronesia

ASEAN terbentuk pada tanggal 8 agustus 1967 di Bangkok. Adapun pendiri ASEAN di prakasai oleh lima orang mentri luar negeri yaitu sebagai berikut:

è Mentri luar negeri Indonesia : Adam Malik

è Mentri luar negeri Malaysia : Tun Abdul Razak

è Mentri luar negeri Thailand : Thanat Koman

è Mentri luar negeri Filipina : Narsisco Ramos

è Mentri luar negeri Singapura : S.Rajaratnam

penyusunan asean dilatarbelakangi oleh 

Sejarah penyusunan asean 

Proses penyusunan asean 

Peristiwa penyusunan asean 

penyusunan asean community diusulkan oleh negara 

penyusunan asean yakni wujud kerjasama yang sifatnya 

penyusunan asean community 

penyusunan asean didasarkan pada deklarasi

Berdirinya ASEAN di tandai dengan Deklarasi Bangkok, dalam Deklarasi Bangkok hal yang demikian di cantumkan bahwa maksud dan tujuan ASEAN antara lain sebagai berikut:

  • Mempecepat pertumbuhan ekonomi,kemajuan sosial dan perkembangan kebudayaan di wilayah Asia Tenggara.
  • Memelihara perdamaian dan stabilitas regional Asia Tenggara
  • Memajukan kerja sama dan saling membantu untuk kepentingan bersama di bidang ekonomi, sosial, kebudayaan, tehnik, ilmu pengetahuan dan administrasi.
  • Memajukan studi tentang Asia Tenggara
Dalam rangka menetapkan kebijakan ASEAN, maka di selenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN, yang di hadiri oleh kepala-kepala negara atau pemerintahan, adapun KTT ASEAN yang pernah di laksanakan sebanyak tiga belas kali yaitu sebagai berikut:
Sejarah penyusunan Asean

1. KTT ASEAN I : di Bali Indonesia, tanggal 23-24 Februari 1976

2. KTT ASEAN II : di Kuala Lumpur Malaysia, tanggal 4-5 agustus 1977

3. KTT ASEAN III : di Manila Filipina, tanggal 14-15 desember 1987

4. KTT ASEAN IV : di Singapura, tanggal 27-28 februari 1992

5. KTT ASEAN V : di Bangkok Thailand, tanggal 14-15 desember 1995

6. KTT ASEAN VI : di Hanoi Vietnam, tanggal 15-16 desember 1998

7. KTT ASEAN VII : di bandar Seri Begawan, Brunei Darussalam, tanggal 5-6 november 2001

8. KTT ASEAN VII : do Pnom Phen Kamboja, tanggal 4-5 november 2002

9. KTT ASEAN IX : di bali Indonesia, tanggal 7-8 oktober 2003

10. KTT ASEAN X : di Vientiane Laos, tanggal 29-30 november 2004

11. KTT ASEAN XI : di Kuala Lumpur Malaysia, tanggal 12-14 November 2005

12. KTT ASEAN XII : di Cebu Filipina, tanggal 2-14 november 2007

13. KTT ASEAN XIII : di Singapore Singapura, tanggal 18-22 november 2007

pengaruh positif dari meredanya rasa saling curiga dan konflik antara bangsa di Asia Tenggara mendorong penyusunan organisasi kerja sama regional. Pertemuan konsultatif yang dikerjakan secara intensif antara para Menteri Luar Negeri Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand yang menghasilkan rancangan Joint Declaration, yang mencakup kesadaran akan perlunya peningkatan saling pengertian untuk hidup bertetangga secara bagus, serta kerja sama yang bermanfaat di antara negara yang sudah terikat oleh pertalian sejarah dan kebudayaan. 

Dalam pertemuan 8 Agustus 1967 di Bangkok (Sejarah Singkat penyusunan Asean), ditandatanganilah Deklarasi ASEAN atau Deklarasi Bangkok oleh Wakil Perdana Menteri Malaysia dan Menteri Luar Negeri Indonesia, Filipina, Singapura, dan Thailand yang menandai berdirinya Association of South East Asian Nations (ASEAN) yang berarti Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. (Sumber: ASEAN National Secretariat of Indonesia, ASEAN, Selayang Pandang, Jakarta: Sekretariat Nasional ASEAN, Departememen Luar Negeri Republik Indonesia, 1997, halaman 1-4)



Daftar pustaka

Mayasari, Widi. tanpa tahun. Ips sejarah untuk smp/mts semester 2 kelas IX. Jakarta: Penerbit media pressindo

Seretariat Negara.1981.30 tahun indonesia merdeka.jakarta:PT Tira pustaka

http://muhamadferianto.blogspot.co.id/2015/08/peristiwa-penyusunan-asean.html