Sejarah Perkembangan Internet

Sejarah Perkembangan Internet – Di era globalisasi ini internet amat berperan penting dalam kehidupan manusia di seluruh dunia. Tanpa memandang usia bagus  anak-anak, remaja ataupun dewasa segala telah menyadari tingkat kepentingan internet untuk menunjang kegiatan manusia sehari-hari. Dimana dikala ini internet menjadi salah satu literat yang sudah biasa untuk dimiliki segala orang. Bahkan sudah tak jarang kegiatan-kegiatan manusia dikala ini dialihkan ke internet. segala itu dilaksanakan karena segala menyadari bahwa internet amat membantu dan menunjang dalam kegiatan manusia. Keuntungan yang didapat dengan menggunakan internet juga tak sedikit, tingkat keuntungan menggunakan internet mencapai 100% . Artinya internet memang sudah membawa perubahan besar bagi  manusia. Hal-hal awam yang biasa didapat dengan menggunakan internet seperti hemat waktu, hemat tempat, hemat biaya dan hemat tenaga. Pengguna internet didunia mencapai 35 persen atau setara 2,4 miliar penduduk dunia.



Sejarah Perkembangan Internet
Sejarah Perkembangan
Maka munculah beberapa pertanyaan  sesungguhnya apa sih internet itu, bagaimana internet bisa membantu manusia, apa peralatan yang digunakan internet untuk membantu manusia dan lain-lain. Untuk mengenal dasar seperti apa internet itu maka akan dibahas secara luas dimakalah ini. Kita pasti pernah mengunjungi sebuah Bank, dan kita memandang ada beberapa komputer yang dioperasikan oleh operator yang cantik-cantik dan tampan dan komputer yang mereka operasikan itu bisa berhubungan langsung satu dengan yang lainnya, saling bertukar informasi dan bisa menggunakan data secara bersamaan. Seperti itulah analogi internet dalam skala sempit. Secara skala luas internet itu berupa jaringan beberapa komputer secara global yang bisa menghubungkan satu komputer dengan komputer lain yang ada diseluruh dunia.
           
Bagaimana sih sebuah komputer itu bisa berhubungan dengan komputer lain ditempat yang berbeda? Tentu saja dibutuhkan suatu alat untuk mengkoneksikan (menyambungkan) komputer hal yang demikian yaitu Jaringan, bagus dihubungkan melalui kabel optic ataupun langsung dengan jaringan satelit. Prinsip kerja internet merupakan sebagai berikut : “ sebuah komputer dilengkapi alat yang disebut modem, dan modem akan menghubungkan komputer kepada penyedia jasa internet biasa disebut dengan ISP melalui saluran komunikasi (telepon, satelit, kabel optic) dll.

A. Sejarah Internet
            Sejarah internet dimulai pada 1969 ketika departemen Pertahanan Amerika, U.S Defense Advanced Research Project Agency (DARPA) emutuskan untuk mengadakan riset tentang bagaimana caranya menghubungkan sejumlah komputer sehingga membentuk jaringan organic. Program riset ini diketahui dengan nama ARPANET. Pada 1970, sudah lebih dari 10 komputer yang berhasil dihubungkan satu sama lain sehingga mereka bisa saling berkomunikasi dan membentuk sebuah jaringan.
           
Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program e-mail yang ia ciptakan setahun yang lalu untuk Arpanet. Program email ini begitu mudah sehingga langsung menjadi popular. Pada tahun yang sama, icon @ juga diperkenalkan sebagai lambing penting yang menunjukan “at” atau “pada”. Pada tahun 1973, jaringan komputer ARPANET mulai dioptimalkan keluar Amerika Serikat. Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada diluar amerika yang menjadi anggota jaringan Arpanet. Pada tahun yang sama, dua orang pakar komputer yakti Vinton Cerf dan Bob Kahn mempresentasikan sebuah gagasan yang lebih besar, yang menjadi cikal bakal pemikiran internet. Ide ini dipresentasikan untuk pertama kalinya di Universitas Sussex.
           
Hari bersejarah selanjutnya merupakan tanggal 26 maret 1976, ketika ratu inggris berhasil mengirim email dari Rayal Signals and radar Establishment di Malvern. Setahun kemudian, sudah lebih dari 100 komputer yang bergabung di ARPANEt membentuk sebuah jaringan atau network. Pada tahun 1979, Tom Truscott, Jim Elis dan Steve Bellovin, menciptakan newsgroups pertama yang diberi nama USENET. Tahun 1981 france telecom menciptakan gebrakan dengan meliuncurkan telepon televise perama, dimana orang bisa saling menelpon sambil berhubungan dengan video link.
           
Karena komputer yang membentuk jaringan makin hari semakin banyak, maka dibutuhkan sebuah protocol resmi yang diakui oleh segala jaringan. Pada tahun 1982 disusun transmission control protocol atau TCP dan internet protocol atau IP yang kita kenal segala. Sementara itu di Eropa timbul jaringan komputer tandingan yang diketahui dengan Eunet, yang menyediakan jasa jaringan komputer di Negara-negara Belanda, Inggris, Denmark, Swedia. Jaringan Eunet menyediakan jasa e-mail dan newsgroup USENET.
           
Untuk menyeragamkan alamat dijaringan komputer yang ada, maka pada tahun 1984 diperkenalkan system nama domain, yang kini kita kenal dengan DNS atau Domain Name System. Komputer yang tersambung dengan jaringan yang sudah ada melebihi 1000 komputer lebih. Pada 1987 jumlah komputer yang tersambung ke jaringan melonjak 10 kali lipat menjadi 10.000 lebih.
           
Tahun 1988, Jarko Oikarinen Dari Finland menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC atau internet Relay Chat. Setahun kemudian, jumlah komputer yang saling berhubungan kembali melonjak 10 kali lipat dalam setahun. Tak kurang dari 100.000 komputer kini membentuk sebuah jaringan. Tahun 1990 merupakan tahun paling bersejarah, ketika tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan komputer yang lainnya yang membentuk jaringan itu. Program inilah yang disebut www atau World Wide Web.
           
Tahun 1992, komputer yang saling tersambung membentuk jaringan sudah melampaui sejuta komputer dan tahun yang sama timbul istilah Surfing the internet. Tahun 1994, situs internet telah tumbuh menjadi 3000 alamat halaman, dan untuk pertama kalinya virtual shopping atau e-retail timbul di internet. Dunia langsung berubah. Di tahun yang sama Yahoo! Didirikan yang juga sekaligus kelahiran Netscape Navigator 1.0.

B. Pengertian Internet
            Internet mempunyai bermacam macam pengertian dan defenisi, tergantung mereka yang mendefenisikan internet itu layak dengan perspektif masing-masing. Ada yang berpendapat bahwa Internet merupakan kumpulan yang luas dari jaringan komputer besar dan kecil yang saling berhubungan menggunakan jaringan (tele) komunikasi yang ada diseluruh dunia. Internet digunakan seluruh manusia yang secara aktif berpartisipasi sehingga internet menjadi sumberdaya informasi yang amat berharga. Internet bagaikan sebuah perpustakaan dimana perpustakaan hal yang demikian menyimpan jutaan bahkan milyaran informasi berupa teks, graphic, audio ataupun animasi dimana orang bisa mengunjungi perpustakaan besar hal yang demikian tak mengenal waktu, tempat dan siapa saja bisa mengunjungi perpustakaan besar hal yang demikian.
           
Internet singkatan dari Interconnection Network merupakan dua komputer atau lebih yang berhubungan membentuk jaringan komputer hingga meliputi jutaan komputer didunia (internasional) yang saling berinteraksi dan bertukar informasi.
           
Internet terdiri dari beberapa unsur yang saling terkait, yaitu komputer, jaringan telekomunikasi dan server. jikalau ada komputer ada jaringan namun tak ada server maka belum bisa disebut dengan internet karena unsur unsur hal yang demikian belum terpenuhi. Manusia sebagai user merupakan orang yang mengoperasikan, memrogram, menginterpretasikan internet. Dan manusia membutuhkan minimal 3 unsur hal yang demikian untuk bisa mengakses internet. Orang bisa terhubung dengan orang lain yang berbeda tempat dan waktu selama mereka mempunyai 3 unsur hal yang demikian. amat mudah dan amat sederhana sekali untuk terhubung dengan internet bukan? Namun itu hanya analogi saja bagaimana manusia bisa terhubung dengan internet.  jikalau ditelaah lebih jauh maka pengertian internet ini sangatlah luas karena sama seperti sifat internet yaitu “tanpa batas (unlimited)” segala orang didunia bisa terhubung dengan internet dan saling berinteraksi, tak ada pengertian atau defenisi internet itu secara baku, segala bebas mendefenisikan arti internet itu layak dengan apa yang telah dirasakan dari internet. Intinya internet itu ada jikalau ada manusia yang mengoperasikan komputer yang terhubung dengan server (ISP) melalui jaringan telekomunikasi (kabel ataupun nirkabel)     .
            Sejauh ini pasti kita sudah sedikit banyak mengerti apa defenisi internet. Setelah tahun 1990 yang amat bersejarah, internet terus dioptimalkan dan hingga sekarang 2014 internet juga terus berkembang, itu dilihat dari jumlah pengguna internet diseluruh dunia mencapai 2.4 miliar atau setara 34 persen populasi dunia. Dan akan dipastikan pengguna internet didunia akan terus berkembang dari tahun ke tahun. Belum lagi perangkat mobile yang dihasilkan sedemikian untuk beberapa orang yang tak bisa terhubung dengan internet melalui komputer, ini akan menjadi “anak panah” yang akan melesat cepat untuk meningkatkan pengguna internet diseluruh dunia.

C. Fasilitas-Fasilitas Yang Ada Pada Internet
            Internet juga diketahui sebagai Net yakni jaringan komputer terbesar didunia. Jaringan komputer pada dasarnya merupakan sekumpulan komputer yang dihubungkan sehingga saling berinteraksi dan bertukar informasi secara bersama-sama. berdasarkan konsep, jaringan komputer merupakan cara untuk menghubungkan beberapa komputer yang ada didalamnya bisa saling berhubungan dan berbagi sumberdaya informasi seperti printer dan perangkat penyimpan data, seperti TV atau radio yang menghubungkan stasiun tv dan radio.
           
Internet merupakan teknologi komunikasi baru yang mempengaruhi kehidupan manusia dalam suatu skala yang sama pentingnya dengan telepon ataupun televisi. Bila kita memakai telepon untuk Melaksanakan panggilan dengan orang lain yang berbeda tempat, jikalau kita menulis surat menggunakan telepon atau pos agar terkirim ke orang yang kita tuju, jikalau kita sedang Melaksanakan bisnis apapun bentuknya, maka internet bisa mengubah keseluruhan pandangan dunia kita secara radikal. Internet bisa mengubah/mengalihkan segala kegiatan manusia kedalam wujud internet.
           
Adapun fasilitas-fasilitas yang disediakan oleh internet mulai sejak awal mula diciptakan internet hingga sekarang amat banyak dan sudah dirasakan oleh segala pengguna internet diseluruh dunia. Namun itu masih fasilitas dulu hingga dikala ini, karena internet semakin berkembang dan terus berkembang sehingga bisa dipastikan aka nada fasilitas-fasilitas baru yang akan diperoleh dari internet. Fasilitas-fasilitas dari internet yang dikala ini bisa dirasakan pengguna internet merupakan sebagai berikut :

a.    World Wide Web (WWW)
Disingkat web, merupakan bagian yang paling menarik dari internet, melalui web kita bisa mengakses informasi tak hanya berupa teks tetapi juga gambar-gambar , suara, film, dan lain-lain. Untuk mengakses WEB dibutuhkan software yang disebut browser atau penjelajah web. Browser yang tersedia dikala ini dari awal hingga sekarang seperti netscape communicator, safari, internet explorer, google chrome, mozila firefox dan masih banyak browser lainnya yang mempunyai fungsi yang sama yaitu menjelajah web.

b.    Electronic Mail (E-Mail)
Disingkat e-mail yakni merupakan surat elektronik yang dikirimkan melalui internet. Dengan fasilitas ini kita bisa mengirim atau mendapatkan email dari dank e pengguna internet diseluruh dunia. jikalau dibandingi dengan pos fasilitas email jauh lebih cepat. Kita bisa mengirim email ke teman yang berada didalam atau luar negeri hanya dalam waktu beberapa menit, bahkan dikala ini hanya dalam hitungan detik. Untuk mendapatkan atau mengirim email kita tetap membutuhkan alat penjelajah web atau browser sebagai penjelajah situs penyedia email di internet. Penyedia jasa email pertama kali merupakan Yahoo! dan hingga dikala ini sudah banyak sekali penyedia jasa email dengan bermacam macam fitur yang disediakan seperti yahoomail, gmail, aim mail, hotmail, GMX mail, easy mail, hushmail, myrealbox, dan masih banyak lagi, dan tak jarang dikala ini email yang mempunyai server yang disediakan oleh kampus (email akademi) tempat belajar ataupun instansi tempat bekerja.

c.    Telnet
Dengan menggunakan telnet kita bisa menggunakan komputer untuk berhubungan dengan komputer orang lain dan mencari atau mengambil informasi informasi yang ada di komputer hal yang demikian. Dengan semakin berkembangnya internet maka semakin berkembangpula penggunaan telnet. Untuk bisa mengakses telnet,biasanya (dan seharusnya) kita mempunyai sebuah account atau login di komputer yang di tuju.Dan login hal yang demikian disertai password (kata kunci) sebagai verivikasi atau sebagai legalisasi dari account yang kita masukkan,dan account hal yang demikian di berikan oleh sang administrator atau lembaga yang mempunyai server yang bisa di-TELNET.

d.    File Transfer Protocol (FTP)
FTP memungkinkan kita mengirim atau mendapatkan data ataupun file dari satu komputer ke komputer lain tanpa batasan tempat. Proses mengirim file agar bisa diterima oleh pengguna internet lain disebut Upload Meski proses mendapatkan file (data) disebut dengan Download. dikala ini sudah banyak situs penyedia jasa FTP yang member kemudahan kita dalam berbagi file seperti Dropbox, skydrive, Googledrive, 4shared, zippyshare dan masih banyak lagi.

e.    Gopher
Protokol Gopher / ɡoʊfər / merupakan TCP / IP Application layer protokol yang didesain untuk mendistribusikan, mencari, dan mengambil dokumen melalui Internet. amat berorientasi pada desain menu-dokumen, protokol Gopher merupakan pendahulu dari (dan kemudian, sebuah alternatif untuk) World Wide Web.

Protokol ini menawarkan beberapa fitur tak didukung oleh native Web dan menggunakan hirarki yang lebih kuat pada informasi yang tersimpan di dalamnya. Teks antarmuka menu merupakan cocok untuk lingkungan komputasi yang amat bergantung pada remote terminal komputer berorientasi teks, yang masih awam pada waktu penciptaan pada tahun 1991, dan kesederhanaan protokol yang memfasilitasi bermacam implementasi klien. Gopher merupakan pendahulu dari Web, perbedaannya merupakan gopher tak bisa menampilkan gambar, melaiinkan hanya bisa menampilkan teks oleh karena itu gopher mulai ditinggalkan oleh para pengguna internet dikala ini. Meskipun beberapa besar digantikan oleh Web pada tahun-tahun selanjutnya, namun protokol Gopher masih digunakan oleh penggemar, dan populasi kecil dari server aktif-tetap dipertahankan.

f.     Internet Relay Chat (IRC)
Layanan IRC, atau biasa disebut sebagai “chat” saja merupakan sebuah wujud komunikasi di intenet yang menggunakan sarana baris-baris tulisan yang diketikkan melalui keyboard. Dalam sebuah sesi chat, komnunikasi terjalin melalui saling bertukar pesan-pesan singkat. kegiatan ini disebut chatting dan pelakunya disebut sebagai chatter. Para chatter bisa saling berkomunikasi secara berkelompok dalam suatu chat room dengan membicarakan topik tertentu atau berpindah ke modus private untuk mengobrol berdua saja dengan chatter lain. Kegiatan chatting membutuhkan software yang disebut IRC Client, diantaranya yang paling populer merupakan software mIRC.

Ada juga beberapa variasi lain dari IRC, misalnya apa yang diketahui sebagai MUD (Multi-User Dungeon atau Multi-User Dimension). Berbeda dengan IRC yang hanya menampung obrolan, aplikasi pada MUD jauh lebih fleksibel dan luas. MUD lebih mirip seperti sebuah dunia virtual (virtual world) dimana para penggunanya bisa saling berinteraksi seperti halnya pada dunia nyata, misalnya dengan Melaksanakan kegiatan tukar menukar file atau meninggalkan pesan. Karenanya, selain untuk bersenang-senang, MUD juga sering dipakai oleh komunitas ilmiah serta untuk kepentingan pendidikan (misalnya untuk memfasilitasi kegiatan kuliah jarak jauh).

 Aplikasi-apliakasi diatas sesungguhnya merupakan aplikasi dasar yang paling awam digunakan dalam internet. Selain aplikasi-aplikasi hal yang demikian, masih ada lusinan aplikasi lainnya yang memanfaatkan jaringan internet, bagus aplikasi yang sering ataupun jarang dipergunakan. Teknologi internet sendiri terus berkembang sehingga aplikasi baru terus bermunculan. Disamping itu, aplikasi-aplikasi yang telah ada masih terus dioptimalkan dan disempurnakan untuk memenuhi kebutuhan penggunanya.

g.    E-commerce (Transaksi Elektronik)
Electronic Commerce merupakan istilah yang digunakan untuk menyatakan perdagangan atau transaksi elektronis di internet, bagus Business to Business E-Commerce ataupun Business to Costumer E-Commerce. dikala ini perkembangan e-commerce memang amat pesat, hal ini dikarenakan pengguna internet yang mampu memandang peluang bisnis dari internet sehingga mendapat penghasilan dari internet. segala transaksi yang dilaksanakan di internet (perdagangan) disebut e-commerce. segala wujud yang dijual melalui internet itulah produk e-commerce, bisa berupa produk secara fisik bisa pula berupa jasa pelayanan seperti jasa pembuatan website dan orang yang membuat website memasang biaya untuk tiap website yang dibuatnya. Situs e-commerce dikala ini sudah menjamur di internet, dan pengguna internet juga sudah banyak yang menggunakan e-commerce sebagai transaksi jual beli. Keuntungan yang didapat dari e-commerce ini merupakan cepat, hemat biaya, bisa membeli produk luar negeri tanpa mesti keluar negeri namun kekurangan dari e-commerce yang dikala ini masih banyak terjadi merupakan penipuan, maka sebagai pengguna internet khususnya e-commerce mesti jeli untuk memilih situs mana yang benar-benar e-commerce dengan memandang bukti-bukti nyata.
      Situs e-commerce dikala ini amat banyak seperti Amazon.com, lazada.co.id, ebay, tokobagus, dan masih banyak lagi situs e-commerce yang terpampang di internet.

h.    Remote Login
Layanan remote login mengacu pada program atau protokol yang menyediakan fungsi yang memungkinkan seorang pengguna internet untuk mengakses (login) ke sebuah terminal (remote host) dalam lingkungan jaringan internet. Dengan memanfaatkan remote login, seorang pengguna internet bisa mengoperasikan sebuah host dari jarak jauh tanpa mesti secara fisik berhadapan dengan host bersangkutan. Dari sana ia bisa Melaksanakan pemeliharaan (maintenance), menjalankan sebuah program atau malahan menginstall program baru di reotokol yang awam digunakan untuk keperluan remote login merupakan Telnet (Telecommunications Network).

i.      E-Banking
Electronic Banking, atau e-banking bisa diartikan sebagai aktifitas perbankan di internet. Layanan ini memungkinkan nasabah sebuah bank bisa Melaksanakan hampir segala Tipe transaksi perbankan melalui sarana internet, khususnya via web. Mirip dengan penggunaan mesin ATM, melewati sarana internet seorang nasabah bisa Melaksanakan aktifitas pengecekan rekening, transfer dana antar rekening, hingga pembayaran tagihan-tagihan rutin bulanan (listrik, telepon, dsb.) melalui rekening banknya. terang banyak keuntungan yang bisa diperoleh nasabah dengan memanfaatkan layanan ini, khususnya bila dilihat dari waktu dan tenaga yang bisa dihemat karena transaksi e-banking terang bebas antrian dan bisa dilaksanakan dari mana saja sepanjang nasabah bisa terhubung dengan jaringan internet.

j.      E-Government
Istilah ini baru kedengaran beberapa waktu belakangan ini, seiring dengan maraknya pemanfaatan teknologi internet dalam bidang pemerintahan. Walaupun namanya e-governmet, namun jangan dibayangkan ini merupakan sistem pemerintahan yang sepenuhnya berbasis internet. E-government, khususnya di Indonesia, masih diartikan secara sempit sebagai sebuah sistem di internet (entah web, alamat email kontak, atau milis) yang mengeksploitir potensi di suatu daerah dengan maksud mengundang pihak-pihak yang mungkin bisa memberikan keuntungan bagi daerah bersangkutan, entah itu sebagai investor atau turis.

k.    E-Learning
Istilah e-Learning bisa didefinisikan sebagai sebuah wujud penggunaan teknologi informasi di bidang pendidikan dalam wujud sekolah maya. Definisi e-Learning sendiri sesungguhnya amat luas, bahkan sebuah portal informasi tentang suatu topik (seperti halnya situs ini) juga bisa tercakup dalam e-Learning ini. Namun istilah e-Learning lebih tepat ditujukan sebagai usaha untuk membuat sebuah transformasi proses belajar-mengajar di sekolah dalam wujud digital yang dijembatani oleh teknologi Internet.

segala proses belajar-mengajar hanya dilaksanakan di depan sebuah komputer yang terhubung ke jaringan internet, dan segala fasilitas yang yang biasa tersedia di sebuah sekolah bisa tergantikan fungsinya hanya oleh menu yang terpampang pada layar monitor komputer. Materi pelajaran pun bisa diperoleh secara langsung dalam wujud file-fileyang dapatdi-download, Meski interaksiantara guru dan siswa dalambentuk pemberian tugas bisa dilaksanakan secara lebih intensif dalam wujud forum diskusi dan email.

Pemanfaatan e-Learning membuahkan beberapa keuntungan, diantaranya dari segi finansial dengan berkurangnya biaya yang dibutuhkan untuk mengimplementasikan sistem secara keseluruhan jikalau dibandingi dengan biaya yang dibutuhkan untuk mendirikan bangunan sekolah beserta seluruh perangkat pendukungnya, termasuk pengajar. Dari sisi peserta didik, biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti sekolah konvensional, misalnya transportasi, pembelian buku, dan sebagainya bisa dikurangi, namun sebagai gantinya dibutuhkan biaya akses internet. Dari sisi penyelenggara, biaya pengadaane-Learning sendiri bisa direduksi,disamping jumlahpeserta didikyang bisa ditampung jauh melebihi yang bisa ditangani oleh Sistem konvensional dalam dianalisa geografis yang lebih luas.

Namun, dibalik segala kelebihan yang ditawarkan, penggunaan e-Learning, khususnya di Indonesia masih menyimpan masalah, antara lain pada keterbatasan akses internet serta kurangnya pemahaman masyarakat akan teknologi internet. e-Learning juga kurang cocok untuk digunakan pada level pendidikan dasar dan menengah, khususnya karena kendala sosialisasi. Seperti kita ketahui, tujuan kegiatan belajar-mengajar di sekolah bukan hanya untuk menimba ilmu pengetahuan, melainkan juga melatih anak untuk bersosialisasi dengan teman sebaya ataupun lingkungan di luar rumah. Hal semacam ini tak bisa didapati dalam sekolah maya via e-Learning. Disamping itu, sistem belajar jarak jauh sangatmensyaratkan kemandirian, sehingga lebih cocok untuk diterapkan pada lembaga pendidikan tinggi ataupun kursus.

l.      Search Engine
Yang paling popular dikala ini merupakan mesin pencari. Siapa yang tak kenal mesin pencari? Mesin pencari dioptimalkan setelah memandang banyaknya situs-situs yang mempunyai informasi yang berbeda, maka selain browser sebagai penjelajah web, maka ada juga search engine sebagai pencari informasi di internet. Search engine yang paling terkenal merupakan google, nama yang sudah tak asing lagi sehingga segala orang pasti mengetahui minimal pernah mendengar nama ini. Search engine yang didirikan pada tahun 1998 ini dihasilkan karena memandang begitu maraknya situs situs yang mempunyai informasi yang berbeda. Selain itu, masih banyak lagi search engine seperti yahoo, bing, ask, wow, infospace, aol search, yandex dan masih banyak lagi.

m.  Game Online
Perkembangan internet semakin digunakan untuk bermacam macam hal, maka tak salah jikalau hampir segala kegiatan manusia akan beralih ke internet. Game online merupakan teknologi daripada genre, sebuah mekanisme untuk menghubungkan pemain bersama daripada pola tertentu gameplay . game online yang dimainkan selama beberapa wujud jaringan komputer , biasanya pada internet . Salah satu keuntungan dari game online merupakan kesanggupan untuk terhubung ke permainan multiplayer , meskipun single-player game online yang cukup awam juga. Keuntungan kedua dari game online merupakan bahwa persentase besar dari permainan tak memerlukan pembayaran. Juga ketiga yang perlu diperhatikan merupakan ketersediaan bermacam Tipe permainan untuk segala Tipe pemain game.

 Game online yang kini marak di dunia juga telah marak di Indonesia sejak 10 tahun terakhir. Kuatnya jaringan internet dimanfaatkan oleh orang-orang untuk memainkan game dengan orang lain melalui media internet, itulah mengapa disebut dengan game online. Game online membuat orang-orang akan memainkan game secara online dan meninggalkan game yang biasa dimainkan seperti playstation dan lain-lain. Anak-anak akan lebih pintar menggunakan teknologi komputer dengan kelihaian tangan dikala memainkan game, namun akibat buruk dari game online juga berpengaruh besar kepada prilaku anak-anak. dikala ini situs penyedia game online sudah amat banyak seperti games.co.id, permainanonline.com, travian, 3dd game dan masih banyak lagi.

n.    Jejaring social dan media social
Jejaring sosial merupakan suatu struktur sosial yang disusun dari simpul-simpul (yang umumnya merupakan individu atau organisasi) yang dijalin dengan satu atau lebih tipe hubungan spesifik seperti nilai, visi, ide, teman, keturunan, dll. Lebih mudahnya, jejaring sosial merupakan sistem yang menghubungkan pertukaran informasi antara seseorang dengan orang lain. Sistem ini mengizinkan user untuk bisa terhubung dengan cara membuat informasi pribadi sehingga bisa terhubung dengan orang lain.

Jejaring social memungkinkan pengguna internet untuk saling bertukar informasi pribadi, bagus secara sengaja untuk membagikan informasi ataupun dicari tahu sendiri informasinya oleh pengguna internet yang lain. Jejaring social bisa berisi informasi teks, gambar pribadi, moto, kegiatan, pekerjaan, dan bermacam macam hal yang terkait dengan kehidupan orang-orang sebagai pengguna jejaring social masuk kedalam unsure jejaring social.

Jejaring social dikala inipun sudah tak bisa dibatasi, amat banyak karena semakin maraknya jejaring social dari tahun ketahun. Jejaring social yang paling popular dikala ini seperti facebook, twitter, path, google+, ask fm, hingga jejaring social perangkat mobile seperti bbm, line, kakaotalk, we chat dan lain-lain juga masuk kedalam kategori jejaring social menggunakan media internet.

o.    Direktori
Direktori merupakan attribut dari file yang berbentuk direktori. informasi – informasi mengenai lokasi dari suatu file. informasi lebih dominan terkait dengan penyimpanan file. direktori ini merupakan sejenis dari suatu file yang dimiliki oleh sistem operasi dan bisa diakses dengan rutin dan tak terbatas di sistem operasi komputer, dan dianggap manusia sebagai tempat untuk menempatkan suatu file data ataupun dokumen – dokumen.

Sebuah direktori terdapat bagian dari sistem berkas yang mengandung satu berkas atau lebih atau satu direktori lainnya atau lebih, yang disebut dengan subdirektori. Batasan jumlah berkas atau subdirektori yang bisa ditampung dalam sebuah direktori tergantung dari sistem berkas yang digunakan, meskipun beberapa sistem berkas tak membatasinya (batasan hal yang demikian disebabkan ukuran media penyimpanan di mana direktori berada).

Suatu Direktori yang mengandung satu direktori atau lebih disebut sebagai parent directory dari direktori-direktori hal yang demikian, dan tiap direktori yang dikandung di dalam direktori disebut sebagai child directory. Struktur direktori seperti ini lazim disebut sebagai struktur hierarkis direktori, atau sering juga disebut sebagai pohon direktori.

p.    Forum Diskusi
Merupakan fasilitas untuk berdiskusi secara elektronik menggunakan via  web. kelebihan forum diskusi yaitu user tak perlu mendaftar dan mempunyai akun dalam forum diskusi hal yang demikian. Figur fasilitasnya yaitu www.kaskus.com

q.    Blog
merupakan situs web yang dikelola oleh perseorangan, biasanya berisi catatan pribadi liputan kegiatan, dan materi lainnya seperti gambar atau video pribadi. Untuk membuat blog, tiap orang mesti mendaftar ke situs web yang menyidiakan layanan blog, misalnya www.blogger.com., www.wordpress.com, www.blogdetik.com dan lain-lain.

r.     Multimedia Streaming
merupakan fasilitas internet yang menayangkan file-file multimedia secara langsung (online). Melalui fasilitas ini, tiap user bisa mendengarkan lagu atau menonton video melalui web browser. Figur situs web yang menyediakan fasilitas ini yaitu www.youtube.com.

s.    Video Call dan Sms Melalui Internet
Menelpon dan mengirim sms bisa dilaksanakan melalui internet, ini akan mengurangi biaya pulsa anda hanya menggunakan paket data internet. Situs penyedia panggilan dan sms melalui internet seperti www.send-free-sms.netfirms.com, http://email.2sms.ru/sms.php , skype, dan facebook.

t.     E-Card (Kartu Ucapan Elektronik)
E-card atau greetings card merupakan fasilitas pengiriman kartu ucapan di internet yang berfungsi sebagaimana layaknya kartu ucapan melalui jasa pos. beberapa situs menyediakan fasilitas ini secara gratis, bahkan ada situs yang menkhususkan diri pada jasa pelayanan E-Card. bermacam wujud kartu ucapan yang disediakan, mulai dari ucapan selamat atas moment paling penting hingga sapaan humor dalam wujud gambar animasi. Beberapa situs hal yang demikian merupakan regards.com, bluemontain.com, astaga.com/ecard, e-card.com, indocenter.com dan masih banyak lagi situs e-card global dan nasional.

DAFTAR PUSTAKA
·         Daryanto, 2006. Memahami Kerja Internet , Bandung : Penerbit Yrama Widya, Hal: 9-13, 22-24.
·         Soetdjo, Jhon, 2007 . Jurus Kilat Mahir Internet : Dari Nol Hingga jago Dalam Hitungan Menit , Jakarta Timur: Penerbit Dunia Komputer, Hal : 3-7, 19-21, 97-105.
·         Jasmadi, 2004. Panduan Praktis Menggunakan Fasilitas Internet  : surfing, email, sms, chatting, E-card, dan Download : Yogyakarta, Penerbit Andi, Hal : 7, 173-192.
·         Basic informasi Internet : “Internet.” Britannica School. Encyclopædia Britannica, Inc., 2014. Web. 25 Feb. 2014.
<http://library.eb.com.vlib.interchange.at/levels/referencecenter/article/1458>
·         Jurnal teknologi informasi dan komunikasi Vol 1 no.1 desember 2012 hal 11
http://balitbang.kominfo.go.id/balitbang/bbppki-medan/files/2013/01/Jurnal-Teknologi-Informasi-dan-Komunikasi-Vol.-1-Tahun-012.pdf diakses 25 februari 2014
·         MODUL TEKNOLOGI INFORMASI KOMUNIKASI : SMA NEGERI 2 SELONG , KELAS IX SEMESTER 1 By. Sri Lestari, S.Si, SE : halaman 1-3
http://sman2selong.net/downloadmateri/downloadtik.php?id=11 diakses pada 25 februari 2014

Sejarah Lainnya:

sejarah perkembangan atletik di asia, peran Budi Utomo brainly, sejarah dunia dan sejarah indonesia tentang lari jarak menengah dan jarak jauh, soal sejarah kelas x semester 2 tentang kerajaan islam