Sejarah Kerajaan Islam Di Indonesia

Sejarah Kerajaan Islam Di Indonesia – Katanya sejarah yakni guru terbaik yang seharusnya dipelajari, untuk itu kali ini kita kembali dengan salah satu materi sejarah yang berhubungan dengan kerajaan Islam. Yang akan kita bahas kali ini yakni mengenai kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia. jikalau anda ingin tahu mengenai hal itu silahkan baca ulasan singkat di bawah ini.

Setelah masa hindu-budha, Indonesia juga memperoleh pengaruh dan merasakan keberadaan penyebaran Islam melalui bermacam-macam kerajaan Islam. Sejarah menyatakan bahwasanya di antara faktor-faktor sebelum masuknya penjajah di indonesia telah tersebar pula agama islam melalui kerajaan – kerajaan Islam, yang di antaranya :

a). Kerajaan Samudra Pasai

Kerajaan samudra Pasai yang diketahui sebagai kearajaan islam pertama di indonesia Berlokasi di sumatra bagian utara. Daerah ini menjadi kerajaan islam pertama karena di kunjungi banyak pedagang islam dari arab, mesir, persia, dan Gujarat. Secara geografis, samudra pasai memang strategis karena berdekatan dengan selat malaka.

Berita samudra pasai sebagai kerajaan islam, mula-mula diperoleh dari marcopolo. Marcopolo yakni seoranag pedagang asal venesia (italia). Ia lama tinggal di istana kaisar khubilaikhan di Cina. Pada tahun 1292 Marcopolo hendak kembali kenegara asalnya dan kapal yang ditumpanginya snggah di Perlak. Marcopolo mengatakan, masyarakat menganut agama Islam. Selanjutnya ia juga mengatakan bahwa banyak pedagang islam dari gujarat dia menyiarkan agama islam.

Dalam kunjungannya krtempat-tempat lainnya diujung utarasumatra, didapati bahwa penduduk terasebut belum menganut Islam. Samudra pasai menjadi kerajaan Islam pertama di Indonesia,beberapa waktu setelah kunjungan marcopolo.

Setelah Samudra Pasai, Kerajaan Islam Di Indonesia yang kedua yakni kerajaan Malaka. Bagaimanakah Sejarah Kerajaan Islam yang satu ini, berikut penjelasan singkat mengenai kerajaan yang bercorak Islam hal yang demikian.

b). Kerajaan Malaka

Sebelum abad ke 15, Malaka hanya diketahui sebagai sebuah kampung nelanyan kumuh. Malaka mulai berubah sebagai tempat yang ramai dikunjungi para pedagang, setelah samudra pasai mengalami kemunduran.

Raja pertama kerajaan malaka yakni Sultan Iskandar Syah. Tokoh ini semula bernama Taramisora. Ia yakni seorang bangsawan yang berasal dari Majapahit. Pada tahun 1390, ia menobatkan sebagai sultan. Pemerintahannya berlangsung hingga tahun 1413. Pada masa pemerintahannya, paramisora mengadakan hubungan persahabatan dan perdagangan dengan Cina.

c). Kerajaan Aceh

Setelah malaka di kuasai portugis,portugis pedagang – pedagang islam tak lagi datang ke malaka. Adapun sebanya portugis di nilai licik, juga di malaka mulai sering timbul peeperangan. Sehingga para pedagang umumnya datang ke aceh. Daerah ini cepat mengalami perkembangan ebagai usat perdagangan penyebaran agama islam. Sebelumnya aceh termasuk daerah kekuasaan Pedir, tetapi berhasil melepaskan diri kemudian menjadi kerajaan besar.

Kerajaan aceh berkembang setelah kerajaan samudra pasai mundur dan malaka di kuasai portugis. Aceh menjadi pusat perdagangan baru, kemudian berkembang menjadi kerajaan an menjcapai puncaknya pada masa pemerintahan sultan Iskandar muda.

Sultan terbesar kerajaan aceh yakni sultan iskandar muda (1607 – 1636). Sultan ini di kenal pula dengan sebutan Sultan Marhum Mahkota Alam. Pada masa pemerintahanya banyak daerah yang d takhlukan sehingga daerah kekuasaan aceh bertambah luas. Iskandar Muda berusaha pula mengusir portugis di malaka tetapi tak berhasil. Karena keberhasilannya memperluas daerah kekuasaan aceh, ia di puja – puja dalam kitab Bustanus Sallatin.

Kerajaan terakhir yang akan dibahas dalam materi tentang Sejarah Kerajaan Islam Di Indonesia ini yakni Demak. beberapa dari kita tentu sudah sering mendengar tentang kerajaan ini bukan? Untuk memberikan pengenalan dan pengetahuan berikut sedikit sejarah mengenai kerajaan hal yang demikian.

d). Kerajaan Demak

Kerajaan Demak yakni kerajaan islam pertama di pulau jawa, berdasarkan penulisan sejarah tradisional jawa, kerajaan ini di dirikan sekitar tahun 1500 M oleh Raden Fatah, Raden Fatah yakni putra dari Majapahit yang terakhir (dari zaman sebelum Islam), Brawijaya V. Ibunya seorang cina. Tanpa sepengetahuan Raja Brawijaya putri cina itu diam diam menganut agama islam. Karena itu Raja Brawijara memberikan putri cina yang sesungguhnya sedang mengandung kepada Penguasa Palembang. 

Di palembang putri cina itu Melahirkan seorang putra yang di panggil dengan nama Dimas. Setelah dewasa Dimas datang ke majapahit atas perantara Sunan Kudus. Dimas di angkat sebagai adipati Demak dengan nama Raden Fatah. Berawal dari situlah demak di rintis sebagai kerajaan islam. Lebih jauh mengenai kerajaan Islam ini silahkan baca sejarah kerajaan demak.
Sejarah Kerajaan Islam Di Indonesia

Demikianlah tadi sedikit rankuman dari materi Sejarah Kerajaan Islam Di Indonesia yang bisa kita pelajari. Mudah-mudahan dengan mengetahui sedikit mengenai bermacam-macam sejarah kerajaan hal yang demikian kita bisa lebih cinta lagi pada tanah air ini. Untuk mengetahui lebih jauh mengenai masing-masing negara hal yang demikian anda bisa membaca artikel terkait yang ada pada link di atas. 

Daftar pustaka

Mustopo, Habib.2007. Sejarah 3. Jakarta: Yudhistira.

MGMP Sejarah provinsi riau, Sejarah, Pekanbaru: Penerbit Amara, 2010.

Sejarah Lainnya:

sejarah perkembangan islam di yugo, naskah drama kerajaan islam di indonesia, perkembangane wayang ing tanah jawa, hukum dagang pada zaman reformasi, Cerita pengukuhan bpupki, halaman 184 kls 10 tentang islam masuk ke istana raja, cerita sejarah prmuka bahasa jawa, kerajaan kesultanan timor leste, kunci jawaban kerajaan islan dijambi, penyebaran agama hindu di lombok